Cermin Kehidupan



[postlink]http://gillaullikcreation.blogspot.com/2009/11/ketika-aku-terbangun-di-pagi-ini-aku.html[/postlink]
Ketika aku terbangun di Pagi ini, aku coba untuk mengingat-ingat hal-hal yang penting yang harus aku lakukan di awal minggu ini. Hmmm… o ya..Ada beberapa pekerjaan penting yang harus aku lakukan hari ini. Seperti biasa setelah selesai mandi aku berdiri didepan cermin sambil mengenakan baju, sambil memperhatikan wajah dan tubuhku. Seketika mataku kuarahkan pada sebingkai foto usang yang tergantung persis disamping cermin, yang didalamnya ada fotoku dan istriku tercinta sekitar sepuluh tahun silam. Waahh..aku melihat betapa jauh perbedaan yang ada di foto itu dengan sosok yang berada di bayang cermin.


Beranjak usia, dan tidak muda lagi memang mempunyai banyak kendala… waktu, perhatian, kesabaran, ketulusan, keikhlasan, senyum dan banyak lagi yang harus kita lakukan untuk mengisi usia kita, paling tidak untuk sekedar memberikan dorongan dan kesadaran bahwa usia bukanlah halangan untuk terus berkarya…
Terkadang kita merasakan bahwa begitu cepat waktu berlalu, dan tanpa kita sadari lentera demi lentera telah padam. Yang kita tahu bahwa rekaman-rekaman peristiwa yang pasti takkan pernah sirna seakan akrab menjelma kerelung nostalgia, membawa kita terhanyut dalam ilusi rekaman masa lalu. Ada senyum, tawa, canda, kebahagiaan dan juga air mata yang mungkin membekas dalam jejak kehidupan.
Hidup adalah perjalanan panjang, dan kita mempunyai pilihan untuk mengisinya. Sungguh sangat tidak bijaksana bila anugrah dari Yang Maha Kuasa ini menjadi sesuatu yang sia-sia, hanya karena kita lupa dan tidak pernah mengisinya dengan ketulusan serta hal-hal yang berharga.


Sebetulnya bila kita mensyukuri karunia ini, dan menjalaninya dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, maka senyum akan selalu menyertai perjalanan sang waktu, dan hidup ini akan terasa lebih berharga.
Aku tersentak dan kulihat bayangan di cermin itupun tersenyum, kemudian aku buru-buru mengenakan baju untuk bersiap menyambut hari ini dengan senyum. Selamat pagi dunia...aku datang untuk mengisimu dengan karya dan senyumku...