Rahasia Bisnis Orang Jepang



[postlink]http://gillaullikcreation.blogspot.com/2010/02/rahasia-bisnis-orang-jepang.html[/postlink]
Jepang merupakan salah satu mengara maju di kawasan Asia. Jika melihat masa lalu, mungkin waktu itu orang tidak akan mengira Jepang akan bisa maju seperti sekarang, mengingat Jepang pernah dihancurkan oleh pasukan sekutu, tidak memiliki sumber daya alam yang cukup, fisik yang relatif kecil, penguasaan bahasa asing yang minim, dan sering mengalami bencana alam (gempa).
Salah satu modal jepang untuk mencapai kemajuan seperti sekarang adalah kemauan kuat untuk belajar dari bangsa maju. Mereka menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan mengembangkan teknologi dan pengetahuan yang berasal dari negara-negara maju. Bangsa Jepang juga memegang erat tradisi maupun budaya yang ada yang merupakan aset yang sangat penting sebagi penentu arah perkembangan dan keberhasilan bangsa Jepang di kemudian hari. Salah satu dari budaya Jepang tersebut adalah kedisiplinan. Kedisplinan memberikan banyak manfaat bagi bangsa Jepang untuk mencapai suatu kesuksesan.
Bangsa Jepang mempunyai etika kerja yang sangat berbeda dengan budaya dan etika kerja orang Barat. Di Jepang semakin seseorang merendahkan diri, maka semakin tinggi seseorang tersebut mendapatkan penghormatan. Budaya persaingan tidak terlalu mencolok di Jepang. Malahan budaya saling membantu adalah yang ada di antara mereka. Hubungan antara atasan dan bawahan merupakan hubungan sosial yang akrab. Tidak jarang atasan mendapatkan bantuan secara langsung maupun tidak langsung dari bawahan.
Tingkat loyalitas pekerja Jepang sungguh luar biasa. Mereka dengan rela mengorbankan waktu pribadi untuk menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab tanpa menuntut adanya uang lembur. Mereka bekerja dengan keras dan menghasilkan produk yang sempurna tanpa banyak tuntutan gaji maupun fasilitas. Mereka akan dengan sukarela berkorban untuk kepentingan perusahaan sehingga tercapai tujuan yang menjadi visi bersama.