Cikaracak ninggang batu Laun-laun jadi legok



[postlink]http://gillaullikcreation.blogspot.com/2010/03/cikaracak-ninggang-batu-laun-laun-jadi.html[/postlink]Pernahkah Anda melihat sebuah batu yang berlubang karena tetesan air?
Sebuah batu yang keras jika ditimpa dengan air meskipun hanya setetes demi setetes tetapi terjadi secara berkesinambungan akan membuat sebuah batu yang keras tersebut menjadi berlubang.
Kenyataan ini telah diamati oleh bijak bestari sehingga muncul suatu peribahasa dalam bahasa Sunda yang bunyinya:

"Cikaracak ninggang batu Laun-laun jadi legok"
Artinya :
"Tetesan air menimpa batu lambat laun jadi lubang"

Maksudnya agar tidak gampang menyerah dalam belajar atau melakukan sesuatu. Meskipun sedikit perkembangan yang dicapai tetapi jika berkesinambungan dan komitmen maka Insya Allah akan mendapatkan hasil.

Air yang lunak bahkan sangat lunak bisa melubangi batu yang sangat keras. Kuncinya ialah komitmen. Bagaimana kerasnya martil tetapi jika tidak ditimpakan ke batu maka batu tidak akan pecah. Yang penting adalah tindakan. Sedikit tidak apa asal terus dilakukan dengan penuh ketekunan dan komitmen, suatu saat hasilnya akan bisa Anda dapat.

Mulailah sekarang juga untuk melangkah, menuju tujuan Anda meskipun selangkah demi selangkah tetapi akan membawa Anda ketujuan, asal arah yang Anda tempuh benar.

Coba sekarang bayangkan, bagaimana kondisi Anda 10 tahun yang lalu.

Jika 10 tahun yang lalu Anda seorang yang pemalas, dan sekarang masih pemalas, maka 10 tahun kedepan Anda akan tetap pemalas.
Jika 10 tahun yang lalu Anda seorang pemarah, dan sekarang masih pemarah, maka 10 tahun mendatang Anda akan tetap pemarah.
Jika 10 tahun yang lalu Anda masih bergelimang dosa, dan sekarang masih bergelimang dosa, maka 10 tahun mendatang Anda akan tetap begelimang dosa.

Didunia ini tidak ada yang berubah kecuali perubahan itu sendiri, maksudnya hidup terus berubah dan berubah yang tidak berubah ya kata perubahan itu sendiri. dari dulu sampai sekarang tetap kata perubahan tidak pernah berubah.

Kecuali, Anda mulai berubah saat ini. Sekarang juga. Jangan berkata akan mulai besok, karena besok Anda akan berkata yang sama "ah besok saja". Padahal, tidak ada jaminan kalau Anda akan ketemu hari esok.