Sejarah Gitar ( Bagian 4 )



[postlink]http://gillaullikcreation.blogspot.com/2010/02/sejarah-gitar-bagian-4.html[/postlink]Sebelum membaca artikel ini baca dulu Sejarah Gitar ( Bagian 3 )

Sejarah Abad ke-18

Pada abad ketujuhbelas, Italia tidak diragukan lagi menjadi pusat dari dunia gitar dan menjadi barometer musik sampai abad yang kemudian menggantikannya. Bagaimanapun juga, sampai saat ini suatu tantangan diawali dengan kedatangannya dari daerah utara. Jerman, dimana gitar mencapai suatu ketenaran pada masa 1600s, hingga menjadi terus meningkat tajam pada bidang bakat untuk musik ini, dan setelah dikumpulkan banyak jumlah mengesankan dari komponis dan gitaris yang siap menandingi kehebatan orang-orang Itali.

Gitar di Jerman

Musik barok Jerman mencapai suatu titik puncak dengan para virtuoso-nya antara lain; Johann Pachelbel (1653-1706), Vincentius Lübeck (1654-1740) dan Johann Sebastian Bach (1685-1750). Pada abad ini terlihat kebangkitan besar pada minat terhadap instrumen Lute. Bach sendiri memberi tambahan komposisicantata, Passions, orkestra suite, concerto dan yang lainnya sebagai komposisi untuk Lute. Kebangkitan kembali ilmu ini semakin memperkaya literatur untuk Lute dan menjadikan pengembangan pada instrumen yang kemudian naik menuju pada ketenaran instrumen gitar. Lute yang terus meningkat, menjadi suatu instrumen kompleks sampai tiba pada suatu titik di mana tidak kurang dari 24 dawai-dawai yang dipakai. Oleh karena itu maka diperlukan lebih banyak latihan dan ketrampilan untuk memainkannya, dan seperti berlatih tekun dalam melatih teknik permainan agar dapat lebih meningkat, karena itu menjadi lebih sedikit demi sedikit untuk dapat diterima. Orang-orang mengartikan Lute lebih mengarah ke permainan instrumen gitar.

Tumbuh banyaknya jumlah gitaris ditambah suatu peningkatan jumlah komposer untuk instrumen ini. Beberapa komposer menulis untuk solis gitar seperti: Johann Arnold (1773-1806), Friedrich Baumbach (1753-1813) dan Johann Kristen Franz (1762-1814) adalah sebagian dari komposer. Hanyalah lebih mengarah musik gitar Jerman pada abad yang ke delapan belas digunakannya instrumen ini pada berbagai ansambel musik kamar, sebagai contoh: flute dan gitar; basoon dan gitar; gitar, biola alto dan bass.

Suatu penerbitan teoritis penting tentang gitar, Neu eröffneter theoretischer und praktischer Music-Saal oleh Joseph Friedrich Bernhardt Kaspar Majer, lebih dipilih karena berisi tentang instrumen gitar berdawai enam. Penyetemannya, menurut Majer, adalah D-A-D-F#-A-D.

Duchess Amalia von Weimar membawa instrumen gitar berdawai dari Italia ke Weimar pada tahun 1788. Instrumen ini kemudian sebagai model untuk bagian awal dari usaha pembuat gitar termasyhur; Jacob Agustus Otto (1760-1829). Instrumen yang telah dibuat menjadi sangat populer di selatan negara Jerman. Pada dekade akhir abad ke delapan belas, Otto diperintah oleh seorang dirigen dari Dresden (Naumann namanya) untuk menambah lima dawai pada instrumen gitar dengan satu dawai keenam- bass- mengikuti praktik dari Itali. Ketenaran instrumen gitar, diperoleh di negara Jerman, dan bergerak ke negara-negara yang lebih jauh di bagian utara. Di Denmark, Petrus Schall (1762-1820) pemain celo, menyusun paduan suara dan nyanyian dengan iringan gitar.

Gitar di Belgia dan Belanda

Belgia, menciptakan gitaris handal antara lain; François Le Cocq, seorang violis dari Brussels Court Orkes. Ia menulis banyak karya gitar pada Notasi Perancis (Recueil de pièces de guitare). Kemudian, ia menciptakan suatu kumpulan puisi musik gitar pada abad ke tujuh belas. Di Belanda, keluarga Cuypers merupakan pembuat instrumen terkenal juga telah membuat instrumen gitar. Mereka menjadikan suatu hiasan rumah dengan mewakili di Hague dan Amsterdam.

Gitar Di Eropa Timur

Minat ditunjukkan pada instrumen gitar di negara-negara utara sepadan dengan di negara-negara bagian; bagian dari timur seperti Bohemia, Negeri Cekoslovakia dan Rusia. Johann Baptis Wanhall ( 1739-1813), seorang Bohemia, menyusun karya untuk ansambel musik kamar yang mencakup untuk instrumen gitar. Di Cekoslovakia, tradisi bermain gitar tetap ditegaskan lagi oleh komposer seperti Heinrich Dringeles dan oleh pembuat gitar seperti Bourgard Jean, Yang bekerja pada Prague, memproduksi, sebagai tambahan terhadap gitar, mandolin, bass, Lute, Gitar Inggris dan sebuah "gitar mekanis". Pada akhir abad kedelapanbelas, gitar mulai untuk menetapkan dirinya sendiri di Rusia. Pelopor pada pembuatan instrumen gitar dimulai pada masa itu. Salah satunya adalah Ivan Andreyevitch Batov. Tempat kerjanya menetap di Ulm pada tahun 1780. Dibuatnya berbagai alat musik yang mencakup gitar, gitar bersenar tiga, cello dan biola.

Gitar Di Perancis

Walau pun pada kenyataannya para gitaris yang pernah disebutkan merupakan anggota Court Orkestra, di Perancis instrumen gitar memiliki kesamaan derajat dengan para bangsawan. Di sini, kecenderungan yang berhubungan dengan instrumen gitar dalam kerapian bunyi permainan, diserasikan dengan ditandai pada cerminan dari karya seni para pelukis yang baik dan mempesona telah menggambar untuk instrumen ini. Yang paling termasyhur merupakan lukisan dari Antoine Watteau (1684-1721) dimana para pemuda-pemuda dan wanita-wanita berjalan-jalan di sekitar sucinya kepastoran dan ditunjukkan dalam permainan gitar. Seniman Perancis yang lain menggambarkan gitar sebagai Baptiste Jean Pater dan Ollivier. Perancis memproduksi karya-karya seni untuk instrumen gitar. Mereka tetap mengembangkan karya seni mereka mengikuti susunan sistem yang sama dengan yang digunakan sebelumnya dan yang mewakili abad ke enam belas pada instrumen dari René Voboam. Kesinambungannya dipertunjukkan oleh sejumlah instrumen dari abad ke delapan belas.

Dua gitar abad ke-17

Gitar buatan René Voboam dari Paris, tahun 1641.

Gitar buatan Domenico Sellas dari Venice pada tahun 1670, bertahtakan mutiara

Sebagai contoh instrumen enam senar pada abad ke delapan belas adalah buatan dari Francisco Lupot pada tahun 1773. Gitar Salomon adalah contoh yang lain, yang dibuat oleh oleh Salomon di Paris sekitar tahun 1760.

Banyaknya variasi gitar nampak dikembangkan pada masa ini; seperti instrumen gitar bass. Instrumen ini memiliki serangkaian dawai-dawai ekstra yang dikaitkan dari neck sampai pada soundboard. Gitar bass, dibuat oleh Gérard J. Deleplanque, pada tahun 1782, mempunyai enam dawai-dawai tunggal pada neckdan empat dawai-dawai bass di luar neck itu . Jenis instrumen gitar sepuluh dawai ini kemudian menjadi sangat populer pada pertengahan abad ke sembilan belas yang pada waktu itu dikenal sebagai Chitarra Decachorda. Dan bertahan sampai memasuki awal abad keduapuluh.

Revolusi Perancis tahun 1789 terpaksa untuk dipakai para bangsawan tetapi secara baiknya tidak menjadi dikenal sebagai instrumen asing. Sebaliknya tingkatan popularitasnya semakin naik lebih tinggi sebagai hasil adopsian oleh para pembuatnya. Tentu saja, instrumen ini sudah bisa mencapai tingkat derajat yang lebih baik untuk dapat dinikmati dan setelah revolusi tanpa adanya pengaruh dan usaha dari performen musisi serta komposer setelah revolusi.

Pemain dan Komposer pada Abad ke-18

Salah seorang dari abad ini adalah Trille Labarre, seorang ahli dalam permainan gitar. Dia menuliskan karya musik untuk solis gitar, gitar dan biola, vokal dan gitar. Dan yang lain adalah Antoine Marcel Lemoine (1763- 1877) sebagai seorang ahli pemain musik terkenal yang juga pemain biola dan komposer. B. Vidal juga mengajarkan tentang performen, komposer dan seorang guru. Ia menuliskan suatu Métode Nouvelle untuk instrumen gitar. Mungkin figur yang paling terkemuka dalam sejarah gitar pada abad ke delapan belas di Perancis adalah Charles Doisy. Dia memainkan kedua instrumen yaitu, instrumen gitar lima dawai dan instrumen gitar enam dawai, dan menuliskan buku acuannyauntuk kedua instrumen itu; Principes généraux. Seorang komposer yang menghasilkan banyak karya. Dia telah memciptakan sebanyak dua ratus karya untuk solis gitar, gitar dan piano, gitar dan strings, serta gitar dan instrumen tiup.Folia d’Espagna adalah suatu tema yang sangat populer dan dikenal diseluruh Eropa. Doisy paling sedikit lima puluh variasi untuk itu. Orang-orang Itali Arcangelo Corelli dan Alessandro Scarlatti menuliskan juga variasi, untuk tema ini.

Pengembangan yang berlangsung diberbagai negara-negara Eropa sedikitnya digambarkan di Spanyol. Banyaknya gitaris Spanyol, komposer, dan pembuat gitar sedikit lebih hebat dibandingkan pada abad yang sebelumnya dan menjadi yang diharapkan untuk abad selanjutnya .

Mungkin karena sejak dulu gitar telah dibayangi dari bentuk Vihuela, sekolah pembuatan gitar Spanyol tidak membuat tanpa hiasan sampai akhir abad kedelapanbelas. Sampai pada masa itu tempat pembuatannya di José and Juan Pages’ ada dari tahun 1790 sampai tahun 1819 di Cadiz, suatu pusat untuk konstruksi alat musik. José Benedict dan Francisco Sanguino telah menggunakan pengaruh yang pantas dipertimbangkan pada evolusi gitar modern. Juan Matabosch, yang bekerja di Barcelona, menghitung di antara pembuat gitar yang penting pada abad ke delapan belas Spanyol. Instrumen gitar Fernando Sor’S yang pertama dibuat oleh Matabosch.

Gitar Pagé

Instrumen buatan Cadiz pada tahun 1804 Juan Pagé.

Terdapat 12 fret dan diikuti fret kecil di soundborad-nya.

Menggunakan sistem penjepit senar pada sounboard.

Santiago de Murcia merupakan salah seorang gitaris penting di Spanyol abad ke delapan belas dan pada terakhirnya memakai tablature, Fernando Ferandière menempati peringkat tinggi sebagai gitaris pada abad kedelapanbelas dan dinyatakan sebagai istilah penyemangat oleh Dionisio Aguado. Karya komposer yang subur luar biasa ini ditulis sekita dua ratus tiga puluh lima karya yang diterbitkan dari tahun 1785 sampai 1799. kontribusi paling utama Ferandière’s, bagaimanapun, adalah Arte de tocar la guitarra española poor musica-nya, suatu metoda dalam notasi modern untuk instrumen gitar enam dawai, diterbitkan di Madrid pada tahun 1799.

Kemunculannya hampir secara bersamaan dengan karya Ferandière’s adalah karya lain yang berjudul Principios para tocar la guitarra de seis ordenes by Don Frederico Moretti, seorang komposer yang berasal dari Itali. Metoda Moretti’s menetapkan prinsip pokok tentang teknik gitar modern dan bentuk dasar untuk pengembangan selanjutnya. Moretti selayaknya disejajarkan dengan Fernando Sor dan Dionisio Aguado terhadap karya dan inovasinya.

Kecintaan dari para orang Spanyol terhadap gitar membuat frekwensi nyata tentang penampilannya sebagai karya seniman seperti Francisco Goya (1746-1828). Bravissimo, salah satu penyeketsaan Goya, menarik perhatian kedua-duanya untuk lukisannya menyangkut gitar dan untuk kemundurannya sejak permulaan zaman renaisance karya seni yang lain di Spanyol mengalami kemunduran pada instrumen gitar dalam lingkungan bangsawan dan kemunculannya di Spanyol sebagai instrumen nasional. Ada sedikit pembuat gitar di Portugal selama periode ini. Tentang ini, hanya nama José Pedeira Coelho dan Miguel Ancho yang dikenal sampai kepada kita. Instrumen gitar Vieyra adalah gitar lain yang dibuat oleh orang Portugis.

Gitar Viyera

Gitar buatan Lisbon, Portugal ini tidak bertanggal.

Head dan neck penuh dengan dekorasi.

Italia, di samping sedikit kemunduran pada ketenaran gitar di abad kedelapan belas, menetapkan posisinya sebagai pusat instrumen gitar Eropa berdasarkan atas kontribusinya terhadap pengembangan dari instrumen ini. Komposer Itali menuliskan sejumlah karya penting untuk gitaris bahkan untuk pembuat gitar, secara penyeberannya, dipusatkan ke bebagai negara dengan pengaruh dari kejayaan mereka.

Dari banyaknya komposer Itali yang menuliskan untuk instrumen gitar, yang paling masyhur adalah Luigi Boccherini (1746-1805). Ia menempuh perjalanan jauh, seperti pada kebanyakan kontemporer, memainkan cello dengan violis termashyur yaitu Manfredini. Dua musisi ini diundang ke Madrid dimana King’s brother, Don Luis, menyewa Boccherini sebagai komposer dan pemain. Kemudian, Boccherini memenuhi undangan seperti di Madrid untuk Raja Prussia. Setelah periode ini, Boccherini belajar bermain gitar dan diminta untuk menulis notasi-notasi instrumen gitar. Pada tahun 1799, Boccherini menciptakan sebuah Symphony Concertante untuk gitar, biola, obo, cello dan bass. Tapi mayoritas karya gitar boccherini dikumpulkan dalam bentuk naskah. Langkah-langkah buatan Itali terhadap kemajuan instrumen gitar telah berdampak pada instrumen lain seluruh dunia, untuk abad ini ditandai penyebaran kedunia-dunia baru, terutama sekali di Amerika selatan. Argentina telah tedapat sejumlah gitaris. Diantaranya Manuel Macial dan Antonio Guerrero yang menjadi sangat terkenal. Keahlian orang Itali sendiri mencapai penghasilan sendiri untuk negara mereka sebagai sejarah abadi dari instrumen gitar. Melalui inisiatif bahwa membuat perubahan penting dari rincian hiasan yang lebih dapat berguna dan bergaya klasik mempengaruhi pembuatan instrumen gitar.

Gitar Berdawai Enam

Sudah jelas bahwa faktor yang paling utama dalam perkembangan instrumen gitar adalah pada penambahan pada dawai ke enam. Tak perlu diragukan lagi inovasi yang terjadi pada abad ke delapan belas, sama halnya instrumen gitar berdawai lima adalah produksi abad ke enam belas. Keaslian orang Itali pada instrumen gitar berdawai enam diberikan banyak argumen.

1. Chitarra Battente Itali akhir abad ke tujuh belas memasuki awal abad ke delapan belas memiliki telah memiliki aransemen dari enam pelajaran dari setiap dua dawai.

2. Tahun 1732 dipublikasikan oleh J.F.B.K. Majer dengan memberi penyeteman gitar enam dawai.

3. Instrumen gitar Jerman enam dawai dibuat oleh Otto, di bentuk dengan mengikuti metode orang Itali.

4. Sesuai tanggal, instrumen enam dawai dobel telah digantikan instrumen enam dawai tunggal, tidak diketahui secara tepat. Tetapi dapat diasumsikan bahwa, instrumen enam dawai tunggal di aransemen kembali pada pertengahan abad ke delapan belas. Sampai pada akhir abad, instrumen gitar dengan enam dawai tunggal membayangi semua jenis lainnya.

5. Instrumen gitar enam dawai sudah menjadi normal. Bentuk ukiran mawar di lubang resonator, saat neck dilebarkan dan dicoba dengan mengangkat fingerboard sepanjang lubang bunyi. Ditetapkan sembilan belas fret metal menjadi standar. Bridge diangkat, bagian badan diperbesar fan strutting disatukan dibawah papan untuk mengangkat senar. Senar treble yang dibuat dari chatgut (setelah perang dunia ke II digatikan Nylon agar lebih awet), senar bass dari campuran logam dengan sutera (atau yang sekarang dengan serat halus sutra nylon). Notasi pun telah usang, musik gitar yang secara umum di tulis dengan kunci G, dibunyikan satu oktaf lebih rendah dari yang ditulis.

Gitar yang tidak biasa

Abad ke tujuh belas merupakan suatu periode lama dimana gitar mengalami perubahan-perubahan struktur. Baru dan instrumen tidak biasa untuk dihiasi, percobaan inovasi, sebagian yang baik bertahan sampai abad ke sembilan belas.

Harapan terhadap perbedaan suara yang lebih baik dari beberapa percobaan dengan berbagai bentuk instrumen. Juga, ada pada masa ini suatu kesenangan dengan hal-hal asing dan baru untuk mereka sendiri. Mungkin, gitar yang paling menarik dikembangkan pada abad ke delapan belas dan ke sembilan belas yang berhubungan erat dengan gitar Lyre dan gitar harpa. Gitar lyre memilikineck tunggal diantara sepasang sayap sebagai tambahan. Gitar harpa memiliki tiga neck, masing-masing dipenuhi enam atau tujuh dawai sebagai pelengkap. Hanya satu set senar bisa dimainkan secara seretak. Sebuah gitar dengan soundboard besar telah dibuat di Inggris. Pelebarannya dengan sederhana menonjolkan segi empat yang panjang pada lubang resonatornya. Ini mungkin untuk meningkatkan bunyi dari instrumen dengan resonansi kotak suaranya.

Banyak dari inovasi ini disingkirkan karena terbukti tidak berguna, tetapi tiga variasi pada dasar gitar dapat ditemukan pada bagian tertentu. Pertama-tama adalah gitar bass, yang menjadi gitar standar dengan senar bass ekstra antara dua sampai enam. Ini dapat diregangkan sesuai dengan neck bengkok untuk memadai dalam tambahan penyeteman di kepala gitar dengan memasukkan tanpaneck kedua.

Dua jenis gitar lainnya yang diterima adalah gitar terts dan gitar quart, yang berhubungan erat antara satu dengan yang lainnya. Bentuk awal lebih kecil dari bentuk gitar moderen dan dengan penalaan terts minor lebih tinggi: G-C-F-Bb-D-G. yang terakhir bahkan lebih kecil dan dengan penalaan kwart lebih tinggi dari gitar moderen: A-D-G-C-E-A. Beberapa komposer, diantaranya Giuliani danDiabelli, menuliskan karya untuk instrumen ini. Gitar bass, gitar terts dan gitar quart tidak bertahan melebihi seperempat abad ke dua puluh.