Sejarah Gitar ( Bagian 5 )



[postlink]http://gillaullikcreation.blogspot.com/2010/02/sejarah-gitar-bagian-5.html[/postlink]Sebelum membaca artikel ini baca dulu Sejarah Gitar ( Bagian 4 )

Sejarah Abad Ke-19

Bila melihat dari masa lalu, berbagai kecenderungan model yang diambil oleh gitar pada abad-abad terdahulu, dipandang dari berbagai aspek memiliki satu tujuan ke gitar enam senar tunggal atau gitar modern saat ini. Tidaklah sampai abad ke sembilan belas bahwa instrumen tidak mencapai puncak perkembangannya sendiri. Penerimaan dari gitar enam senar tunggal menjadi umum, tidak hanya menyebar di Eropa tetapi juga di benua Amerika.

Dibawa dari perubahan kondisi sosial, oleh revolusi industri sangat mendukung pengetahuan tentang instrumen ini. Tingkatan alat-alat transportasi memungkinkan seniman untuk konser keliling yang lebih luas lagi dibandingkan dengan masa sebelumnya. Jalur kereta api menyebar melewati benua, memperluas perjalanan konser keliling memberi gitaris banyak peluang untuk memainkan didepan audiens yang lebih banyak. Ini merupakan masa kejayaan gitaris-gitaris besar dengan dibantu melakukan konser besar dalam suatu pondasi perusahaan untuk membantu ketenarannya di abad ke dua puluh.

Di separuh abad pertama, gairah yang diperbaharui untuk instrumen ini berpusat di Vienna. Dengan masa itu, Vienna menjadi pusat bakat musikal terbesar yang menarik banyak musisi dari berbagai pelosok Eropa. Gitaris-gitaris yang datang dan mempersembahkan permainan gitar mereka menjadi dorongan kuat sebagai media penting untuk mengekspresikan seni. Mungkin pelopor gitaris hebat yang memberi pengaruh di Vienna adalah Simon Molitor (1766-1848). Banyaknya komposisi Molitor meliputi solis gitar dan musik kamar dengan notasi gitar. Diantara itu semua trio untuk biola atau flute, biola alto dan gitar. Instrumentasi seperti itu menjadi bagian utuh yang dihadirkan pada kehidupan musik di Vienna dalam periode ini. Pemain yang lain adalah Leonhard von Call (1769-1815), menuliskan karya musik untuk gitar yang kemudian menjadi populer dan sebuah metode untuk gitar.

Mauro Giuliani

Mauro Giuliani (1781-1829) adalah orang Itali yang tertarik dengan keberadaan gitar dan juga musiknya pada abad ke sembilan belas. Mengikuti perluasan ketenaran di Vienna, sesudah 1807 dia memiliki sebuah pengaruh besar sebagai seorang pemain. Ia juga mengikuti tren konser keliling dengan gitar agar supaya penyebaran gitar diterima secara sepenuhnya di seluruh Eropa. Di Vienna, pengaruh Mauro Giuliani dalam kehidupan musik begitu besar. Ia memulai konser gitar dan orkes. Ia sering digambarkan sebagai figur musisi di masanya karena bakat musikalnya dan teknik-tekniknya yang terkemuka.

Kawan-kawan Giuliani antara lain Karl Seidler, Spohr, Loder dan Anton Diabelli. Meskipun demikian, Diabelli (1781-1858) sebagai seorang pianis dan gitaris, yang paling penting seperti faktanya bahwa ia merupakan seorang komposer. Dengan persahabatan dengan Giuliani membuat banyak keuntungan bagi dirinya. Ia menciptakan banyak komposisi gitar, serta usahanya mempromosikan musik gitar berdampak sangat bagus pada ketenaran instrumen gitar. Saudara perempuan Giuliani, Emilia suatu ketika dihargai dengan penemuan tentang teknik harmonik pada gitar.

Franz Schubert (1797-1828) bermain dan menuliskan karya musik untuk gitar. Terlalu miskin untuk memiliki piano, ia menuliskan banyak karya lagu indah dengan instrumen gitar tapi ia memiliki kontribusi yang utama untuk literatur gitar, bagaimanapun, juga kwartet untuk flute, gitar, biola alto dan cello.

Beberapa gitaris Itali lain mengikuti Giuliani sebagai contoh dengan melakukan konser dan menyebarkan karya musik mereka di Vienna. Salah satu contohnya adalah Luigi Legnani (1790-1877). Dia kembangkan teknik dan permainan hebat untuk menandingi Giuliani. Legnani tertarik dengan konstruksi gitar. Karyanya mencakup hingga 250 opus dan meliputi konserto, duo, trio, variation, tiga puluh enam Capricio dan Scherzo. Matteo Bavilaqua, gitaris Itali lainnya yang tercatat, menerbitkan beberapa karya meliputi solis gitar dan komposisi untuk gitar dan piano, gitar dan flute, dan lain-lain.

Tentang gitaris bohemian, Wenzeslaus Matiegka (1773-1830) adalah yang paling utama. Musiknya untuk dua solo gitar dan untuk ansambel musik kamar mencakup lebih dari tiga puluh komposisi. Diantara gitaris jerman adalah Leonhard Schulz, seorang pemain jangkung besar.

Fernando Sor

Pengurai terkemuka dalam “ekspresionis” dari Spanyol adalah Sor dan Aguado, dan dari Itali; Carulli, Carcassi dan Giuliani. Figur yang terkemuka dari dari kelompok itu adalah Fernando Sor, gitaris hebat dari era Romantik. Seorang putra dari pedagang Catalan yang dilahirkan di Barcelona pada tahun 1778 dan menerima pendidikan musik di sekolah paduan suara gereja Montserrat.

Saat delapan belas tahun, Sor menuliskan sebuah Opera, Telemachus di Calypso’s Isle yang di buat di Barcelona pada tahun 1797. Sor juga disebutkan masuk kedalam militer sepanjang masa kekacauan jabatan di Perancis. Ketika Perancis tersudut, dikalahkan oleh Wellington militer Guerilla Spanyol, Sor tidak punya pilihan untuk tetap tinggal di militer. Sesudah 1812, ia hidup di Perancis dimana ia memberikan konser yang mempesona untuk semua orang Perancis.

Ia melakukan debutnya di London pada tahun 1815 dimana dia menjadi yang pertama dan satu-satunya gitaris yag diundang untuk bermain dengan London Philharmonic Society. Pada tahun 1817, dia terlihat sebagai solis gitar di konserto gitar Spanyolnya dstrings. Selama tahun 1820 dia pergi ke Jerman dan kemudian ke Rusia. Ia memproduksi tiga balletnya di Moscow. Saat kematian Tzar Alexander pada tahun 1825, Sor menciptakan mars berbaris atas permintaan Tzar Nicholas I yang baru. Setelah ia kembali ke Perancis, dia bekerja tak kenal lelah sebagai guru dan komposer.

Komposisinya mencakup lebih dari 250 atau 300 karya yang dipersembahkan untuk pelengkap opera. Notasi utama terbaiknya yang dikenalkan adalah Cendrillon dan Gil Blas. Terpengaruh dengan insting komposisi musik tariannya, dia telah menciptakan waltz, minuet, galop, bolero dan masih banyak lagi. Untuk ensiklopedia Perancis, dia menuliskan pelajaran pertama dengan sejenis tarian Spanyol seperti Bolero, seguidilla, murciana, dan sevillana. Didalam nadi musiknya ia menuliskan sonata, fantasia dan kumpulan variation on theme oleh Mozart, Hummel dan Paisiello.

Tetapi prestai kesempurnaan Sor adalah Méthode pour la guitare pada tahun 1830- buku yang luar biasa tentang teknik gitar yang pernah ditulis. Dihadirkan dari sebuah pengalaman selama empat puluh tahun.

Tantangan dari perkembangan pada teknik gitar dan permintaan pada instrumen yang terbaik, lebih dan lebih lagi dicari untuk dapat menghasilkan instrumen yang memuaskan.

Johann Georg Staufer (1778-1853) adalah seorang pembuat gitar terkemuka yang ada di Vienna. Selain penghargaan dari penemuan Guitarre d’amour, ia juga memperoleh reputasi dari gitar yang bagus.

Johann Gottfried Scherzer (1843-1870) mengambil pekerjaan Staufer. Mengadakan percobaan secra ekstensif untuk meningkatkan kualitas suara gitar dengan mengambil pembelajaran dari komunikasi dengan ahli ilmu fisika untuk mencapai maksud dan tujuannya, ia menjadi pembuat gitar pertama yang memiliki pendekatan secara ilmiah, dengan menghasilkan produksi konser gitar yang berkualitas tinggi.

Para Pemain Rusia.

Penemuan gitar tujuh senar oleh orang Rusia telah dilengkapi oleh Andreas O’ Sichra (1772-1861). Tujuh puluh lima komposisinya untuk gitar tujuh senar menjadi inti dari kekayaan literaturnya terhadap instrumen ini. Ia menuliskan metode yang sempurna untuk gitar. Sichra yang mengajarkan metode dan prinsip untuk memproduksi nada bagi para gitaris terbaik dari Rusia: Simeon N. Aksenow (1773-1853) yang menghargai perkembangan dalam penggunaan teknik harmonik; W. I. Swinzow yang merupakan pemain handal pertama yang menggunakan tujuh senar yang bermain di gedung dengan banyak audien.

Keunggulan gitar tujuh senar di Rusia bukan berarti menyingkirkan tipe enam senar dari kehidupan musik negeri. Marcus D. Sokolowski (1818-1883) adalah salah seorang dari mereka yang menguasai gitar enam senar setelah memulai karir musiknya sebagai seorang violis dan celis.

Salah seorang musisi dari Rusia yang turut mendukung sejarah gitar; Nicolas P. Makarow (1810-1890) sejarah pribadinya mengesankan kepribadian dan kemampuan bakat musik dari banyak gitaris terkenal yang pernah terdengar di seluruh Eropa. Pada tahun 1856, di Brussels mengorganisasi suatu kompetisi komposisi gitar terbaik dan pembuatan gitar terbaik. Penghargaan pertama dan kedua untuk komposisi dimenangkan secara berturut-turut oleh Napoléon Coste dan Johann Mertz. Penghargaan pertama untuk pembuatan gitar terbaik diraih oleh Johann Scherzer Vienna, yang kedua dari Ivan F. Archusen dari Rusia.

Pada tahun 1823, perayaan Fench ballerina Madame Hullin Sor, istri Fernando Sor, datang ke moscow untuk memainkan beberapa balet untuk dituliskan musiknya oleh suaminya. Sor mengunjungi Rusia sendiri dan, pada kenangannya mengunjungi Rusia, dia menciptakan duet gitar dengan judul Souvenir de Russie.

Maestro- Maestro Italia

Keunggulan dan keahlian para pemain gitar Itali yang bersungguh-sungguh hingga penaruh mereka dapat dirasakan di seluruh Eropa dan Amerika dengan baik.

Fernando Carulli

Dilahirkan di Naples pada tahun 1770 dan meninggal di Paris pada tahun 1841. Pada mulanya menjadi seorang Celis, dia kemudian mengabdikan dirinya pada gitar dan menjadi salah seorang pemain hebat dari Itali pada instrumen gitar. Di Paris, dia memberikan julukannya sendiri sebagai resital salon. Menuliskan komposisinya sebanyak tiga ratus enam puluh. Dan setiap metode untuk karyanya. Dia memikirkan sebuah gitar dengan tambahan empat senar bass ekstra (decacorde). Resitalnya membuat Paris menjadi pusat aktifitas gitar.

Matteo Carcassi

Pengganti Carulli adalah Matteo Carcasi (1792-1853) memperluas teknik Carulli dengan suatu metode lengkapi untuk gitar yang menjadi petunjuk pembelajaran yang lebih luas di abad ke sembilan belas. Carcassi datang ke Paris dengan suatu kesuksesan resital yang di raihnya di Jerman, Itali dan Inggris. Dia merupakan virtuoso gitar yang besar dan, mengikuti waktu, cara-cara permainannya menggantikan ketenaran Carulli.

Niccolò Paganini

Masa hidupnya tahun 1782-1840 teringat sebagai seorang ahli permainan biola tapi ia juga merupakan pemain hebat pada gitar. Dia menuliskan banyak musik untuk gitar sebanyak dia menuliskan untuk biola: hampir semua karyanya diterbitkan semasa hidupnya dalam bentuk bagian karya gitar. Banyaknya komposisi sekitar seratus empat puluh dengan potongan-potongan kecil untuk solis; beberapa sonata untuk gitar dan biola; kwartet untuk biola, biola alto, celo dan gitar, trio untuk gitar. Paganini tertarik pada gitar hingga membawa dirinya dalam hubungan dengan banyak figur-figur hebat di dunia gitar diantaranya adalah Zani de Ferranti dan Legnani.

Zani de Ferranti

Pada masa hidupnya (1800-1878) telah teruraikan sebagai seorang pemain gitar handal pada masanya. Hector Berlioz menyerahkan kepadanya petunjuk-petunjuk tentang orkestrasi. Zani de Ferranti tempuhannya lebih ekstensif dari para pemain pada masanya. Dia akhirnya pergi ke Amerika dan memiliki penghargaan dan menjadi yang diakui sebagai pemain gitar handal diseputar Amerika. Kontribusinya antara lain beberapa reportoar komposisi solo. Karyanya meliputi fantasia, nocturne, dan berbagai karya lainnya.

Napoleon Coste

Pada tahun yang sama, seorang figur penting nampak dalam pribadi Napoleon Coste (1806-1883). Dirinya menetap di Paris pada tahun 1830 dan berhubungan dengan gitaris hebat lainnya seperti Aguado, Sor, Carcassi, dan Carulli, dia bermain hingga tahun 1863 ketika suatu kecelakaan menjadikan tangan kanannya tidak berfungsi. Banyaknya jumlah komposisi musiknya kira-kira lima puluhan dan dia adalah gitaris pertama yang menyalinkan karyanya pada musik abad ke tujuh belas dengan moderen notasi musik. Tentu saja, dia memberikan kontribusi penting dalam motivasinya untuk melahirkan minat musik gitar barok.

Aktifitas intensif yang dicapai untuk mencocokkan hasil produksi pembuatan instrumen tidak hanya untuk kelebihan saja tapi juga untuk gitar yang lebih baik. Diantara para ahli pembuat gitar pada masa itu, beberapa yang terbaik adalah dari anggota keluarga Fabricatore. Hasil karya Gennaro Febricatore yang pertama selitar pertengahan abad ke sembilan belas dan gayanya lebih mendekati bentuk gitar moderen yang telah dikembangkan di abad yang selanjutnya. Di Paris, René François Lacôte menjadi salah seorang pembuat gitar terkemuka pada abad itu.

Ketika aspek yang paling mencolok dari abad ke sembilan belas adalah banyaknya pemain hebat yang melakukan konser keliling, fungsi gitar dalam musik kamar juga menjadi lebih dihafalkan pada masa itu. Diantara karya komposer yang diproduksi adalah Johann Bayer, Joseph Küffner, Johann Kapeller dan Johann Kaspar Mertz (1806-1856). Mertz menggunakan gitar berdawai delapan dan kemudian tipe sepuluh senar.

Dimana gitar menjadi populer, itu menarik perhatian dari komposer terkemuka yang berkarya untuk gitar. Von Weber (1786-1826) berkarya untuk gitar. Richard Wagner (1813-1883) diketahui lebih sering mengkomposisinya, ia menuliskan pasangan instrumen untuk gitar.

Mungkin suatu pengembangan pada abad ke sembilan belas mungkin sama dengan jaman Renaisance dari gitar di Inggris. Pada awal perkembangan gitar, negara Inggris ikut memainkan peranan; bagaimanapun, yang tidak ikut memeliharanya. Ketika London menjadi pusat musik, pada abad kesembilan belas, sama pentingnya dengan di Paris, Vienna, dan St Petersburgh. Menarik minat banyak gitaris yang datang untuk bermain dan memberi orang Inggris wacana luas tentang musik gitar, begitu hebat dan menghidupkan kembali ketertarikan masyarakat terhadap instrumen gitar. Diprediksi, instrumen dawai semakin berkembang bagus di Inggris pada masa itu.

Gitaris-gitaris dari Spanyol

Spayol terdapat banyak virtuoso gitar terkemuka pada masa itu dan tidak diragukan lagi kemajuan dari musik gitar pada abad ke sembilan belas. Meskipun begitu, pemain gitar Spanyol dan pengajar di Spanyol pada kesuksesan besar yang dicapai pada instrumen diraih diluar negara mereka. Fernando Sor memberikan contoh gitaris emigran.

Dionisio Aguado

Pada masa hidupnya (1784-1849) menjadi seorang ahli bermain musik dan seorang komposer. Ia menjadi salah satu ahli pendidik dan Metodo para guitarra-nya masih menjadi salah satu metode terbaik pada abad sembilan belas. Buku itu telah di terjemahkan dalam bahas lain dan dicetak beberapa kali. Ia mulai menggunakan suatu posisi alat (footstool) untuk mendukung bermain instrumen dengan posisi duduk.

Julian Arcas

Masa hidupnya (1831-1882) adalah seorang pemain gitar yang lain dari Spanyol. Setelah konser keliling Spanyol, dia melakukan perjalanan ke Inggris dan bermain di Brighton Pavilion didepan anggota keluarga raja. Permainannya mendapat pujian. Dia kembali ke Spanyol, melanjutkan konsernya dan telah menjadi profesor di Royal Conservatorium. Tidak kurang dari delapan puluh komposisinya telah di publikasikan.

Fransisco Tarrega

Mungkin kontibusi utamanya adalah untuk mendidik dan teknik gitar dari Spanyol masuk dalam karya karya Fransisco Tarrega (1852-1909). Ini mencakup komposisinya yang terbaik diantara yang paling baik di akhir abad ke sembilan belas.

Tarrega mendapat pelajaran gitar pertamanya di usia delapan tahun. Ini diikuti dengan pelajaran pada musik konservatorium di Madrid yang kemudian mengajarkan gitar. Ia juga mengajar di konservatorium Barcelona dan menyalin 100 transkripsi karya Bach, Handel, Mozart, Schubert. Sebagai tambahan, dia menuliskan banyak komposisinya diantaranya; prelude, studies, waltz dengan menampilkan secara kompleks yang harmonis dan dengan peningkatan teknik barunya untuk lebihmengenal permainan gitar. Pendekatan ini melibatkan perubahan utama; menggunakan tangan kanan secara tegak lurus pada senar sebagai ganti menjadi pegangan secara miring.

Teknik Tarrega dibuat lebih menyenangkan dan dengan sebutan “supported stroke” atau “hammer stroke”. Bagaimanapun juga, penyempurnaan Tarrega begitu penting dan ternatas pada arah perumusan tentang gitar modern. Teknik-teknik itu membantu ketenaran gitar, yang mana telah merosot ditahun-tahun sebelumnya. Tiba-tiba, ada generasi komposer baru yang bisa menginterpretasikan gitar Spanyol ke dunia luarnya yaitu: Isaac Albéniz (1860-1909), Enrique Granados (1967-1916), dan Manuel de Falla (1876-1946). Merka semua menghormati gitar sebagai aficionados. Tapi hanya Albéniz yang berkembang permainan gitarnya sebaik dia bermain piano. Albéniz melanjutkan lagi menjadi seorang pianis terkemuka pada abad itu tapi ia menulis akor-akornya seperti yang ia pikir sebagai gitar. Banyak dari karyanya untuk disesuaikan dalam transkripsi gitar.

Setelah kematian Tarrega pada tahun 1909, karyanya mempengaruhi bakat murid-muridnya antara lain, Emilio Pujol, Miguel Llobert, Daniel Fortea dan Alberto Obregón.

Antonio de Torres Jurado

Sejajar dengan prestasi Tarrega dalam pengembangannya pada konstruksi gitar. Sama dengan pendekatannya pada permainan gitar hanya didasari untuk lebih mengedepankan praktek permainan instrumen, hingga menjadikan pembuat gitar Antonio torres Jurado (1817-1892) yang diilhami secara langsung pada dasar pembentukan gitar yang di kenal samapai sekarang ini. Ia menempatkan tekanan besar pada atas papan suara untuk memproduksi nada, dan ia sempurnakan menggunakan penguat lingkaran di bawah kotak suara untuk memperkaya suara bunyi. Bagaimanapun, bagian depannya (rekomendasi buatan Sor dan Aguado) menggunakan penguat melingkar sejak tahun 1790. Panomo menggunakan penguat melingkar juga pada gaya Spanyol sejak tahun 1820. Dia menggunakan senar dengan lebar 65 cm kolom-kolomnya masih digunakan untuk gitar pada tahun 1800-1810 juga dengan skala 650. dia menggunakan skala 650, tetapi Stauffer menggunakan 647, Lacote menggunakan 650, dan lain-lain. Tergantung dari ukuran tangan pemain, itu menjadi standar karenanya semua orang meniru dari yang diciptakan Torres. Dia menstandarisasi suatu pola dari bridge terikat yang hampir sama ditemukan pada instrumen klasik gitar sekarang ini tetapi ikatan bridge-nya merupakan gagasan dari gitar barok, dan menjadi standar untuk semua gitar Spanyol sepanjang abad ke sembilan belas.

Inovasi Torres menjadikan pondasi bagi sekolah pembuatan gitar Spanyol yang akhirnya para penganutnya menjadikan yang paling penting dalam pembuatan gitar akhir abad sembilan belas dan awal abda ke dua puluh. Salah satunya adalah keluarga Ramirez.

· Pembuat gitar yang lainnya

Fernando Sor menyebutkan beberapa pembuat gitar lain dalam bukunya “Method for the Spanish Guitar", terjemahan Inggris tahun 1836, di terbitkan oleh Tecla Edition:

“ Mr. J. Panomo membuat beberapa gitar dibawah arahanku, sama baiknya dengan Mr. Schroeder di Petersburgh… yang terbaik untuk kotak/bodi, gitar neapolitan pada umumnya lebih panjang, pada pendapatku, dari Perancis dan Jerman itu, tapi bukan seperti keadaan yang sekarang, dan jika aku ingin sebuah instrumen, aku akan memperolehnya dari M. Joseph Martinez dari Malaga, atau dari M. Lacote; pembuat gitar dai Perancis, satu-satunya orang yang, selain talenta nya, telah membuktikan kepada saya bahwa dia memiliki kualitas tidak sebagai alasan yang infleksibel… gitar yang sudah saya berikan pilihan itu kepada Alonzo di Madrid, Pages dan Benediz dari Cadiz, Joseph dan Manuel Martinez dari Malaga, atau Rada, sarjana dan pengganti terakhir dan itu dari M. Lacote dari Paris. Aku tidak mengatakan yang lainnya tidaka ada; tapi belum pernah mencobanya, aku tak dapat memutuskannya yang aku tidak punya pengetahuannya.”

Pada abad ke ke sembilan belas, hampir semua tukang pembuat gitar membuat suatu bentuk gitar yang berbeda-beda, ukuran dan gayanya. Torres menggabungkan semua kombinasi dari desain untuk bentuk gitarnya, didasarkan oleh kebutuhan yang diberikan untuknya oleh Julian Arcas. Tarrega menyukai bentuk suara dari gurunya Arcas. Gitarnya juga lebih kecil, serta suara gitarnya merdu daripada klasik gitar modern sekarang ini.

Meningkatnya Popularitas Gitar di Benua Amerika

Gitar dikenal di dunia baru semenjak abad ke enambelas ketika koloni Spanyol menjual Vihuela kepada Aztec orang indian.kedatangan seniman Spanyol dan Portugis banyak membesarkan popularitas instrumen gitar dan, dan terutama sekali di Amerika selatan, aktifitas mereka tidak hanya mempromosikan gitar dan dikenalkannya dalam musik rakyat dari berbagai negara-negara. Pengembangan ini mengakibatkan suatu peningkatan terhadap pembuat gitar dan gitaris yang dikenal di Amerika selatan dan Amerika Utara. Meningkatnya popularitas gitar menjadikan banyaknya permintaan untuk instrumen ini. Akhir abad ke sembilan belas, permintaan yang meningkat akhirnya dilakukan pembuatan dengan mesin dan metode pabrik terhadap kerajinan tangan tradisional.

Sampai tingkatan tertentu, peristiwa abad kesembilan belas, perubahan dalam instrumen, semakin besar peluang untuk memainkan secara konser, penyebaran distribusi ini, mungkin dihargai secara natural dan diprekdisi sebagai suatu proses evolusi. Lama waktu pembuatan instrumen dengan tangan telah digantikan pertamakali oleh mesin yang mampu memproduksi secara massal. Banyaknya dari perubahan ini akan terus berlangsung hingga abad ke dua puluh hingga sampai ke abad ini.